Senin, 14 November 2016

YASMIN FARADIBA ABIDIN
18 Maret 2015
BEASISWA LPDP. DEPKEU./WWW.BESASISWA.LPDP.CO.ID

PEMBELAJARAN
SUATU USAHA YANG MEMBUAT ANAK BELAJAR, ATAU SUATU KEGIATAN UNTUK MEMBELAJARAN PESERTA DIDIK(WARSITA:2008)

PENGERTIAN KEMAPUAN BERBAHASA
BROMLEY: BAHASA ADALAH ALAT PENGHUBUNG ATAU KOMUNIKASI ANTARA ANGGOTA MASYARAKAT YANG TERDIRI DARI INDIVIDU2 YANG MENYATAKAN PIKIRAN, PERASAAN, DAN KEINGINAN BAIK SECARA VERBAL MAUPUN SIMBOL2 VISUAL
.
PAPALIA. ANAK USIA 5-7 TAHUN SUDAH DAPAT MENGAERTIKAN KATA SEDERHANA, TAHU BEBERAPA LAWAN KATA. ANAK SUDAH DAPAT MENGGUNAKAN KATA SAMBAUNG, KATA DEPAN DAN KATA SANDANG DAAM PEMBICARAAN SEHARI2.
BAHASA EGOSENRISNYA MULAI BERKEMBANG DAN BANYAK MEMILIKI BAHASA SOSIAL. PADA USIA DINI ANAK MEMILIKI 2000-25000 PEMBEDAHARAAN KATA.

 OWEN: ANAK USI 5-6 TAHUN MASUK KE DALAM MASA MAJEMUK DIMANA KEMMAPUAN BERBAHASA ANAK YANG MENINGKAT
ANAK MAMPU MENGUCAPKAN KALIMAT PANJANG, ANAK MAMPU MENGKOMBINASIKAN HURUF MENJADI KATA DAN KATA MENJADI KALIMAT, BERKEMBANGN MENJADI SEMAKIN RUMIT SEPANJANG MASA KANA-KANAK AWA

TAHAP BERKEBANGANBAHASA
1.      BERBICARA . EGOSENTRIS SPEECH: NGOMONG SENDIRI 2-3TAHUN(MONOLOG)
2.      SOSIAL SPEED : BERKOMUNIKASI DG ORANG LAIN. 1.SALING BERTUKAR INFO,2. PENILAIAN UCAPAN ATAU TINGKAH LAKU ORAG LAIN, 3.PERMINTTAN, PERINTAH,ANCAMAN, 4. PERTANYAAN, 5. JAWABAN

KRITERIA UKURAN MENURUT UKURAN:
1.      ANAK BISA BERBICA DG BENAR
2.      ANak SEKEDAR MENGIKUTI APA YANG DI DENGAN ANAK(MEMBEO)
INDIKATOR UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN ANAK BERBICARA BENAR
1.      ANAK MENGETAHUI ARTI KATA YANG DIGUNAKAN DAN MAMPU MENGHUBUNGKAN DG OBJEK YANG MEWAKILINYA
MENYIMAK: MENDENGARKAN DENGAN PENUH PEMAHAMANN DAN PERHATIAN SERTA APRESIASI.
CONTOH CERITA ANAK TAK BOLEH KATA BERSAYAP. SEPERTI: IBU MEMASAK SAYUR DI DAPUR SAMBIL MENANAK NASI.

TAHAPAN BELAJAR MEMBACA
1.      TAHAP FANTASI
2.      TAHAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI MEMBACA
3.      TAHAP MEMBACA GAMBAR
4.      TAHAP PENGENALAN BACAAN (TAKE OFF READER STAGE
5.      TAHAP MEMBACA LANCAR
MENULIS PADA ANAK USIA DINI: MENULIS PADA USIA DINI BERUPA MENGGAMBAR DAN MENCORET2.
TAHAPAN MENULIS
1.      MENCORET
2.      TAHAP PENGULANGAN
3.      MENGENAL HURUF
4.      TULISAN MERUPAKAN BAHAS SIMBOL YANG DAPAT MENGUNGKAPKAN SESUATU
BAHASA YANG DIKEMBANGKAN DI AUD
1.      BAHASA RESIFTIPF: BAHAS BERSIFAT PEMAHAMANAN. ANAK HARUS PAHAM YANG DISAMPAIKAN ORANG LAIN. MIS, MEMBACA
2.      BAHASA EKSPRESIF: MENUNTUT ANAK MENGUNGKAPKAN BAHASA. MIS, MENULIS
3.      BAHASA ORAL:
4.      BAHASA TULISAN

URUTAN PERKEMBANGANA BAHASA
1.      PENGALAMAN
2.      MENYIMAK
3.      EKSPRSESI ORAL: MENANGIS, BERGUMAM, BERCELOTEH,
4.      MEMBACA:
5.      PENGALAMAN MENULIS: MENULIS KREATIF, TATA BAHASA, PEAFALAN, PENGGUNAAN KATA

KOMPONEN PENGEMBANGAN BAHAS ANAK PRASEKOLAH
1.      PENNGKATAN KOSA KATA
2.      KESADARAN FONOLOGIS
3.      PEMAHAMN TERHADAP CETAKAN
4.      HURUF DAN KATA
5.      ARTI KATA
6.      PEMAHAMAN TERHAPAN BUKU
7.      MINAT BACA
SENSOSI MOTORI: MENGGUNAKAN SEMUA PANCA INDERA DALAM BERMAIN(MASTERY PLAY)

1. MENYIMAK
2. BERBICARA
3. MEMBACA


Rancangan Kegiatan Pengembangan
BAHASA AUD

Tema/Sub Tema/Tema  spesifik: Binatang/ Serangga/Semut
Kelompok Usia: 3-4 tahun
Nama kegiatan : 
1) Bercerita “Semut yang baik hati’
2). Bermain kubus pintar
Menulis di atas serbuk kertas
Tujuan Pembelajaran:

Evaluasi setelah simulasi Langkah  kegiatan
1. Bercerita semut yang baik hati melalui wayang senut dan serangga. Lebih baik dilakukan di panggung boneka. Guru bercerita sendiri baru murid . ketika selesai bercerita  guru menanyakan dg pertanyaan terbuka seperti mengapa dan bagaimana
2. Bermain kotak huruf bergambar dan menulis di atas serbuk sebaiknya di pisah karena pada usia ini pengkondisian anak masih sangat sulit. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan alternatif atau cocok untuk sentra

google+

linkedin

LABEL

0 komentar