Senin, 14 November 2016


19 Maret 2015
Bu Azizah
DETEKSI DINI

"KEGIATAN UNTUK MENEMUKAN SECARA SEDINI MUNGKIN ADANYA POTENSI DAN HAMBATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA AUD TAHAPAN BERMAIN ANAK"


  1. Sensori Play/Masteri Play 0-2
  2. Pra Operational (2-7) :Simbolic Play Dan Contructif
  3. Operasiona Konkret(7-11) :Game With Aturan / Rule
  4. Oerasional Formal 11 >

PERTUMBUHAN : bertambahannya ukuran fisik yang dapat di ukur dg satuan ukuran

PERKEMBANGAN : Bertambahnya Fungsi Psikis Dan Fisik Anak Meliputi Sensorik (Mendengar, Meliat, Meraba, Merasa Dan Menghirup). Motorik (Gerakan Motorik Kasar Dan Halus), Kognitif  (Pengetahuan Dan Kecerdasan). Komunikasi (Bicara  Dan Bahasa), Sikap Reigius, Sosem, Kreativitas
.
(BUKU ALLEN K MARROT atau DAP tentang standar perkembangan anak)

Stimulasi : pemberian rangsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap atau pengetahuan dan keterampilan bagi anak usia dinii sampai usia 6 tahun agar tumbuhkembang anak optimal.

intervensi: tindakan yang dilakukan setelah deteksi dini.

rating skill; penilaian/asesmen kemmapuan anak

strategi dalam deteksi dini; melalui pengamatan dan wawancara.

pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran belangsug meliputi pertumbuhan fisik, sikap dan perilaku anak.

yang diobservasi adalah perilaku yang ditunjukkan anak. (antusias, malas adalah tafsiran bukan sikap yang bisa diamati 

 TEHNIK ASESSMENT = alat untk penilaian
1. Daftar cek perkembangan: daftar sejumah kriteria yang ditetapakn untuk merekam pengamatan yang akan dilakukan guru. penskorannya dg, ya/tdk. terlihat/tak terlihat

2. Rating scale: adalah tehnik asesmen menurut tingkatan keberdaan perkembangn anak. hampir sama dengan daftar ceklist namun lebih berfokus pada tingkatan keberadaan perkembangan ana. penyekorannya seperti bintang 1, 2,3.

3. Catatan anekdot: catatn atau narasi berisi potongan kehidupan anak di dalam kelas ketika anak sedang mengerjakan kegiatan yang bersifat faktual dan terbebas dari opini guru. atau kejadian luar biasa yang terjadi di dalam kelas. kelemahan tak mendapat gambar yang seutuh2nya ketika pembelajaran terjadi. kebihan cepat dan mudah.

4. Portofolio : rekaman pembelajaran yang berfoku pada pekerjaan anak dan refleksinya terhadap pekerjaan tersebut. bisa melalui catatan dokumentasi

5. Running record= catatan terus menerus. tidak mengetahui terjadinya peristiwa tepat pada waktu nya

6. Time sampling=  membagi beberapa waktu . dapat mengetahui  terjadinya peristiwa yang terjadi secara berulang2.

7. Event sampling= mencatat kejadian yang terjadi sewaktu2 untuk mengetahui sebab dan akibat dan melakukan perilaku

A
Perilaku
C
Peristiwa sebelum


Muka merah dan dia mengepalkan tangan
Dian menampar Didi
Didi menangis

8. Setelah kolom seperi itu baru diberi tafsiran2 guru

9. Wawancara

google+

linkedin

LABEL

0 komentar