Rabu, 16 November 2016

Apa itu Tematik Integratif???

Pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa bidang pengembangan untuk memberikan pengalamanyang bermakna kepada anak. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar. Pembelajaran tematik dibelajarkan pada anak karena pada umumnya mereka masih melihat sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic)perkembangan fisiknya tidak pernah dapat dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional (Sujiono, 2010:75)

Sekarang tentang tema dalam pembelajaran. Tema itu apa?

Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Yuliani Nurani:5). Selanjutnya dapat dimaknai bahwa tema merupakan alat atau wadah untuk mengedepankan berbagai konsep kepada anak didik secara utuh. Tema diberikan dengan tujuan menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan utuh, memperkaya pengetahuan anak dan melibatkan beberapa kegiatan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak.

CARA KERJA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF

A. Prinsip Pengembangan Tema

Prinsip dalam pengembangan tema yakni :

1.    Menyediakan kesempatan anak untuk terlibat langsung dengan objek yang sesungguhnya

2.    Menciptakan kegiatan yang melibatkan seluruh indera anak

3.    Membangun kegiatan dari minat anak

4.    Membantu anak dalam membangun pengetahuan baru

5.    Memberikan kegiatan dan rutinitasyang ditujukan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan

6.    Mengakomodasi kebutuhan anak akan kebutuhannya untuk kegiatan dan gerak fisik maupun interaksi sosial

7.    Menumbuhakan sikap kemandirian sehingga mampu mengembangkan konsep diri yang positif

8.    Memberikan kesempatan menggunakan permainan untuk menterjemahakan pengalaman kepada pemahaman

9.    Menghargai perbedaan individu, latar belakang, pengalaman di rumah yang dapat dibawa anak ke kelas

B. Proses dalam Kerangka Kerja Tematik

Proses pengembangan kurikulum yang menggunakan kerangka program kerja melalui temaini membantu perkembangna nak secara menyeluruh melalui proses:

1. Attending berupa kemampuan memfokuskan/ memperhatikan pada diri dan lingkungan

2. Listening berupa kemampuan mendengarkan

3. Observing berupa kemmapuan dalam mengamati suatu objek kejadian

4. Remembering berupa kemampuan untuk mengingat

5. Re- calling berupa kemmapuan untuk mengulang kembali, mengumpulkan dan menarik kesimpulan

C. Langkah Pengembangan Tema

1. Tentukan tema besar yang akan menjadi fokus utama dalam satu tahun. 

Contohnya, JAKARTA KOTAKU INDAH, JOGJA KOTA BUDAYA, KEKAYAAN BLITAR RAYA, dan lain sebagainya..

2. Buatlah model keterpaduan tema satu tahun dengan menggunakan prinsip dari tema yang terdekat dengan anak, konkret dan sederhana

3. Jumlah subtema yang dikembangkan tergantung kebutuhan dan keluasan cakrawala pengetahuan yang dimiliki guru

4. Setiap subtema dijabarkan lagi sehingga subtema memiliki cabang pengetahuan yang membangannya

5. Kembangkan semua subtema yang telah ditentukan pada butir 3 melalui branstorming rekan sejawat maupun ahli materi 

google+

linkedin

LABEL

0 komentar