Jumat, 18 November 2016

18 November 2016 - 10:39 WIB http://www.riaupos.co/134231-berita-6296-cpns-ggd-kerja-januari.html



JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kepastian pengangkatan CPNS guru garis depan (GGD) akhirnya muncul. Pemerintah memastikan status CPNS para GGD aktif mulai 1 Januari 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap CPNS GGD menjadi tenaga pendidik yang baik di daerah penempatan.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan jumlah GGD yang akan diangkat menjadi CPNS itu mencapai 6.296 orang. Mereka akan ditempatkan di 93 kabupaten di seluruh Indonesia.

’’Kriteria penempatannya adalah daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T, red),’’ katanya di Jakarta, kemarin.

Pejabat yang akrab disapa Pranata itu menuturkan seluruh peserta GGD itu sejatinya sudah menyelesaikan rangkaian seleksi tahun ini. Tetapi karena tidak ada anggaran, maka pengangkatan CPNS mereka ditunda sampai tahun depan. Pranata menjamin bahwa SK-TMT (tanggal mulai tugas) CPNS GGD keluar 1 Januari 2017. Dia menuturkan saat ini sedang berlangsung proses pemberkasan. Menurut Pranata, pemberkasan para CPNS GGD itu dibuat ringkas. Supaya memudahkan para guru yang akan ditugaskan di daerah khusus. Dia menegaskan meskipun dibuat ringkas, proses pemberkasannya tetap ditangani oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan tidak melanggar aturan.

Pranata berharap para CPNS GGD itu meneruskan sukses pengiriman GGD periode 2015 lalu. Menurut Pranata guru-guru yang dilepas 2015 lalu memiliki prestasi yang bagus.

’’Di sekolah penempatan, mereka menjadi pionir dan panutan guru lainnya,’’ jelasnya.

Menurut Pranata, kuota CPNS GGD sebanyak 6.296 orang itu masih di bawah keperluan guru yang riil. Idealnya adalah pemerintah merekrut dengan jumlah sesuai keperluan.(wan/ted) 

google+

linkedin

LABEL

0 komentar