Apa itu Tematik Integratif???
Pembelajaran tematik merupakan suatu
strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa bidang pengembangan untuk
memberikan pengalamanyang bermakna kepada anak. Keterpaduan dalam pembelajaran
ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek
belajar. Pembelajaran tematik dibelajarkan pada anak karena pada umumnya mereka
masih melihat sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic)perkembangan fisiknya tidak pernah dapat dipisahkan dengan
perkembangan mental, sosial, dan emosional (Sujiono, 2010:75)
Sekarang tentang tema dalam pembelajaran.
Tema itu apa?
Tema adalah pokok pikiran atau gagasan
pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Yuliani Nurani:5). Selanjutnya dapat
dimaknai bahwa tema merupakan alat atau wadah untuk mengedepankan berbagai
konsep kepada anak didik secara utuh. Tema diberikan dengan tujuan menyatukan
isi kurikulum dalam satu kesatuan utuh, memperkaya pengetahuan anak dan
melibatkan beberapa kegiatan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang
bermakna kepada anak.
CARA KERJA PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
INTEGRATIF
A. Prinsip Pengembangan Tema
Prinsip dalam pengembangan
tema yakni :
1.
Menyediakan kesempatan anak
untuk terlibat langsung dengan objek yang sesungguhnya
2.
Menciptakan kegiatan yang
melibatkan seluruh indera anak
3.
Membangun kegiatan dari minat
anak
4.
Membantu anak dalam membangun
pengetahuan baru
5.
Memberikan kegiatan dan
rutinitasyang ditujukan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan
6.
Mengakomodasi kebutuhan anak
akan kebutuhannya untuk kegiatan dan gerak fisik maupun interaksi sosial
7.
Menumbuhakan sikap kemandirian
sehingga mampu mengembangkan konsep diri yang positif
8.
Memberikan kesempatan
menggunakan permainan untuk menterjemahakan pengalaman kepada pemahaman
9.
Menghargai perbedaan individu,
latar belakang, pengalaman di rumah yang dapat dibawa anak ke kelas
B. Proses dalam Kerangka Kerja Tematik
Proses pengembangan kurikulum yang
menggunakan kerangka program kerja melalui temaini membantu perkembangna nak secara
menyeluruh melalui proses:
1. Attending
berupa kemampuan memfokuskan/ memperhatikan pada diri dan lingkungan
2. Listening
berupa kemampuan mendengarkan
3. Observing
berupa kemmapuan dalam mengamati suatu objek kejadian
4. Remembering
berupa kemampuan untuk mengingat
5. Re-
calling berupa kemmapuan untuk mengulang kembali,
mengumpulkan dan menarik kesimpulan
C. Langkah Pengembangan Tema
1. Tentukan tema besar yang akan menjadi
fokus utama dalam satu tahun.
Contohnya, JAKARTA KOTAKU INDAH, JOGJA KOTA
BUDAYA, KEKAYAAN BLITAR RAYA, dan lain sebagainya..
2. Buatlah model keterpaduan tema satu
tahun dengan menggunakan prinsip dari tema yang terdekat dengan anak, konkret
dan sederhana
3. Jumlah subtema yang dikembangkan
tergantung kebutuhan dan keluasan cakrawala pengetahuan yang dimiliki guru
4. Setiap subtema dijabarkan lagi sehingga
subtema memiliki cabang pengetahuan yang membangannya
5. Kembangkan semua subtema yang telah
ditentukan pada butir 3 melalui branstorming rekan sejawat maupun ahli materi
0 komentar